AS Tawarkan Jet Tempur F-16 ke Turki sebagai Pengganti F-35

Selasa, 19 Oktober 2021 - 16:00 WIB
click to zoom

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan, Amerika Serikat (AS) mengusulkan untuk menjual jet tempur F-16 ke Turki. Langkah ini diambil AS sebagai bentuk imbalan atas investasi Turki dalam program F-35. Berbicara kepada wartawan pada Minggu (17/10/2021), sebelum berangkat untuk perjalanan ke Afrika, Erdogan mengatakan, Turki sesungguhnya menginginkan pengembalian investasinya dalam program F-35 dan pembicaraan tentang masalah ini sedang berlangsung.

“Ada pembayaran USD1,4 miliar yang telah kami lakukan untuk F-35 dan AS memiliki proposal seperti itu sebagai imbalan atas pembayaran ini,” kata Erdogan, seperti dikutip dari Reuters. “Dan mengenai hal ini, kami katakan mari kita mengambil langkah apa pun yang perlu diambil untuk memenuhi kebutuhan pertahanan negara kita,” ungkap Erdogan.

BACA JUGA :

DAFTAR PESAWAT TEMPUR INDONESIA, INI SPESIFIKASINYA

AS KETAR KETIR, S-400 RUSIA MAMPU DETEKSI JET SILUMAN

“Kami sedang bekerja untuk lebih mengembangkan armada kami dari modernisasi F-16 yang kami miliki hingga pembelian F-16 tambahan baru,” lanjutnya. Sebelumnya, Turki telah memesan lebih dari 100 jet F-35, yang dibuat oleh Lockheed Martin Corp. Tetapi, AS menghapus Turki dari program tersebut pada 2019, setelah Turki mengakuisisi sistem pertahanan rudal S-400 Rusia.

(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!