Bawa Rudal Harpoon, Jet Tempur Hornet AS Berkeliaran di Dekat Jepang

Senin, 04 Mei 2020 - 07:00 WIB
click to zoom

Pesawat-pesawat jet tempur F/A-18 Hornet Korps Marinir Amerika Serikat (USMC) terlihat berkeliaran di dekat wilayah Jepang baru-baru ini. Jet-jet tempur itu bahkan membawa rudal anti-kapal AGM-84D Harpoon yang hidup, bukan amunisi tiruan. Rudal anti-kapal Harpoon adalah proyektil terkenal era Perang Dingin. Jet-jet tempur Amerika itu melakukan latihan yang melibatkan simulasi serangan terhadap target Angkatan Laut.

"Beberapa jet tempur F/A-18C/D dari Stasiun Udara Marinir Iwakuni di Jepang bagian barat berfokus pada misi Angkatan Laut dan mensimulasikan simulasi tembakan jarak jauh anti-kapal untuk meningkatkan kemampuan Korps Marinir guna memengaruhi kontrol laut dan penolakan di Indo-Pasifik, sejalan dengan Force Design 2030," tulisDefense Visual Information Distribution Service(DVIDS) yang melaporkan latihan tempur tersebut pada Selasa lalu.

BACA JUGA :

TEMBUS 10.000, TOTAL KASUS COVID-19 TERKONFIRMASI DI INDONESIA

USIA 30-59 TAHUN PALING BANYAK JADI KORBAN COVID-19

Mengutip laporanSputniknews, Jumat (1/5/2020), rencana USMC adalah untuk memangkas semua tank, unit penegakan hukum dan penghubungnya, serta sebagian besar artileri dan bahkan beberapa pesawat terbang dan kendaraan amfibi, demi mempeoleh lebih banyak unit Angkatan Laut. Tujuannya adalah untuk reorientasi ke arah perang besar dengan China, yang akan membutuhkan fokus luas pada Angkatan Laut, Marinir dan Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China.

Selengkapnya lihat infografis

(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!