Riset KPI: Secara Umum Program TV di Indonesia Sudah Baik

Sabtu, 25 September 2021 - 09:00 WIB
click to zoom

KPI kembali menyelenggarakan Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi Periode I tahun 2021. Dari hasil penilaian para informan yang berjumlah 108 informan, pada semester pertama tahun 2021 ini menunjukkan adanya kecenderungan yang baik dalam beberapa kategori yang dijadikan sampel penelitian. Secara umum, hasil rata-rata indeks adalah 3.09. Angka ini menunjukkan bahwa nilai tersebut telah memenuhi standar kualitas di atas indeks KPI, yaitu 3.00.

Dari hasil Riset yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa dalam 5 tahun pelaksanaan riset (2017-2021) masih diperlukan perbaikan agar sesuai dengan standar kualitas KPI, 3.00. Indeks keseluruhan dalam setiap periode berbeda-beda, namun beberapa program siaran menunjukan tren perubahan ke arah lebih baik, meskipun di samping itu beberapa program mengalami penurunan.

BACA JUGA :

SEMBUH COVID-19 TAPI MASIH BATUK DAN SESAK? INI ALASANNYA WAKIL KETUA DPR RI AZIS SYAMSUDDIN DITANGKAP KPK DI RUMAH Meskipun pada tahun sebelumnya (2020) telah mengalami tren peningkatan yang cukup signifikan, akan tetapi pada periode pertama kali ini hasil indeks kualitas program siaran televisi mengalami penurunan di beberapa kategori program, untuk lebih lengkapnya simak infografis.

(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!